Kelas : 3EA11
NPM : 12217944
TUGAS 4 EKONOMI KOPERASI
1. Peran
koperasi dan tantangan yang di hadapi dalam
era globalisasi
Ø
Peran koperasi
Koperasi sebenarnya dapat
menjadi motor penggerak roda perekonomian nasional untuk keluar dari krisis
ekonomi. Dan juga koperasi bisa mengembangkan produk lokal yang berkualitas
agar bisa mengeksport sehingga produk dalam negeri dapat bersaing di negeri sendiri
dan setidaknya meminimalkan masyarakat menggunakan produk eksport. Peluang
koperasi untuk tetap berperan dalam percaturan perekonomian nasional dan
internasional terbuka lebar asal koperasi dapat berbenah diri menjadi salah
satu pelaku ekonomi (badan usaha) yang kompetitif dibandingkan pelaku ekonomi
lainnya. Tantangan untuk menghadapi globalisasi memang berat karena jika
koperasi tidak berbenah dalam segala aspek maka bukan tidak mungkin koperasi
akan tergerus serta akan mematikan perekonomian masyarakat. Selain itu membuat
koperasi menjadi usaha yang nyaman untuk bertransaksi dengan masyarakat juga
anggotanya akan lebih membuat koperasi menjadi kompetitif dan efisien dalam
pelayanannya.
Keistimewaan koperasi
tidak dikenal adanya majikan dan buruh, serta tidak ada istilah pemegang saham
mayoritas. Semua anggota berposisi sama, dengan hak suara sama. Oleh karena
itu, apabila aktivitas produksi yang dilakukan koperasi ternyata dapat member
laba finansial, semua pihak akan turut menikmati laba tersebut. Jadi bila
koperasi dapat menjalankan tugasnya serta terdapat pembenahan dalam
sector-sektor seperti hambatan-habatan internal dalam tubuh koperasi mulai dari
pemimpin yang bisa diandalkan, SDM yang baik dan berkompeten serta manajerial
yang mumpuni. Manajerial yang mumpuni bisa dikatakan Manajemen koperasi dimasa
datang menghendaki pengarahan fokus terhadap pasar, sistem pencatatan keuangan
yang baik, serta perencanaan arus kas dan kebutuhan modal mendatang. Dalam
integrasi ke luar, dibutuhkan kerjasama terspesialisasi antar koperasi maupun
kerjasama dengan para pelaku lainnya dengan prinsip saling menguntungkan. Ke
dalam, koperasi dituntut untuk menempatkan anggotanya sebagai pelaku aktif
dalam proses produksi dan distribusi dapat memenuhi syarat-syarat penghematan
biaya, pemanfaatan modal, spesialisasi, keorganisasian, fleksibilitas dan
pemekaran kesempatan kerja. Sehingga arus globalisasi juga dapat ditekan dan
koperasi akan mampu bersaing dalam globalisasi tersebut.
A. Akses
terhadap informasi pasar dan teknologi masih relatif rendah
Khususnya dalam penerapan sistem administrasi dan keuangan
yang masih tertinggal jauh sehingga sulit bersaing dengan pengusaha lainnya. kurangnya pendidikan tentang pemanfaatan
teknologi dalam pemasaran maupun pengembangan koperasi dibidang lainnya, akan menyebabkan
koperasi sulit berkembang apalagi untuk bersaing dalam era globalisasi saat ini.
B. Akses
terhadap sumber permodalan masih rendah
Berdasarkan pengamatan dan penelitian pada kenyataannya
beberapa koperasi yang lebih mengandalkan modal sendiri. Mereka cukup puas dengan
modal yang dipupuk sendiri, walaupun sebenarnya membuthukan tambahan modal dari
pihak luar.
C. Kapasitas
Sumber Daya Manusia masih rendah
Faktor budaya menjadi salah satu kendala rendahnya tingkat
pendidikan formal masyarakat juga tidak memberi kesepatan untuk terlalu banyak aktif
dalam berorganisasi. Hal itu menyebabkan mereka banyak yang menjadi tenga paruh
waktu dala koperasi. Dengan terbatasnya kapasitas sumberdaya manusia akan berpengaruh
pula dalam akses informasi pasar dan teknologi. Sehingga mengakibatkan koperasi
kalah bersaing dengan pelaku usaha yang lain.
D. Keberadaan
koperasi belum cukup dikenal apalagi mengakar kalangan masyarakat
Belum dikenalnya keberadaan koperasi
dikalangan masyarakat merupakan masalah besar yang menjadi salah satu penyebab sulitnya
koperasi berkembang di indonesia, Berdasarkan pengamatan
terhadap beberapa kelompok masyarakat ternyata sebagian daripada mereka tidak tahu
akan keberadaan peran koperasi sebagai organisasi ekonomi yang dapat memberikan
bantuan dalam berbagai aspek perekonomian. Ada sebagian kelompok lain yang takut
ikut berorganisasi karena mereka menduga bahwa keikutsertaanya harus membayar sejumlah
uang.
2. Strategi
yang harus disiapkan oleh koperasi
§ Strategi pertama
Pertumbuhan yang cepat. Penambahan jumlah
karyawan maupun unit bisnis sambil mempertahankan bauran produk dan jangkauan pasar.
Tindakan yang demikian itu akan mengubah ukuran koperasi daripada ruang lingkupnya.
§ Strategi kedua
Perubahan bauran produk. Bauran produk
yang dirubah senantiasa berdampak pada operasi koperasi di Indonesia juga strategi
pemasaran dan strategi penjualan dimana penambahan produk dapat dilakukan seperti
dengan akuisisi.
§ Strategi ketiga
Perubahan jangkauan pasar. Fokus pasar
dirubah pada bauran produk yang sama sehingga menjamah pasar internasional atau
jangkauan geografis meluas dan menemukan konsumen sasaran yang baru.
§ Strategi keempat
Tidak lain repositioning. Repositioning
bertujuan mengubah persepsi konsumen dan atau calon konsumen akan koperasi.
§ Strategi yang kelima
Diversifikasi dalam kenyataannya mencakup
juga penambahan produk dan perluasan pasar yang berhubungan dengan bisnis inti maupun
bukan bisnis inti.
§ Strategi yang keenam
Tidak lain strategi partnering. Kerjasama
antara koperasi untuk menciptakan suatu keunggulan bersaing.
3. Peluang
koperasi di era globalisasi
A. Tingginya
komitmen dan dukungan politik masyarakat, Pemerintah Daerah dan Lembaga legistatif
terhadap pembangunan ekonomi rakyat sebagai pelaku utama datam perekonomian nasional
dan domestik merupakan titik terang dalam perkembangan koperasi saat ini.
B. Prospek
kemajuan terbuka lebar karena krisis ekonomi yang telah pulih akibat krisis berkepanjangan.
Pemerintah perlu menciptakan kesadaran masyarakat untuk ikut membangun perekonomian
Indonesia melalui usaha kecil menengah dan koperasi
C. Stabilitas
potitik dan keamanan yang relatif aman dan terjaga diharapkan dapat meningkatkan daya beli dan keanekaragaman
pola permintaan masyarakat.
D. Jumlah
penduduk yang sangat besar, berarti pasar dalam negeri akan berkembang lebih besar
sehingga memberi peluang untuk menumbuhkan usaha nasional.
E. Pemerintah
telah menetapkan arah pembangunan dengan penekanan pada pendidikan yang diharapkan
semakin Link and match dengan tantangan persaingan tenaga kerja dan penciptaan wirausaha
baru.
F. Globalisasi mendorong kerja sama regional dan internasional yang pada gilirannya dapat dimanfaatkan untuk memperkuat kemampuan koperasi.
G. Pemanfaatan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi memberi peluang kepada koperasi untuk meningkatkan kinerjanya.Dengan
perkembangan teknologi informasi, layanan internet mudah diakses dimana-mana. Hal
itu membuka peluang bagi koperasi untuk mendapatkan informasi tentang peluang pasar.
Juga bisa dimanfaatkan unuk mempromosikan poduknya melalui internet.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar