Selasa, 24 Desember 2019

TULISAN 4


BANK MAYAPADA



1.      Sejarah Bank Mayapada
Pada tanggal 07 September 1989 di Jakarta, dibentuklah PT Bank Mayapada International melalui Akta Pendirian Bank yang disahkan pada tanggal 10 Januari 1990 oleh Menteri Kehakiman Republik Indonesia. Bank mulai beroperasi secara komersial pada tanggal 16 Maret 1990 dan sejak 23 Maret 1990 menjadi bank umum. Izin dari Bank Indonesia sebagai bank devisa  diperoleh pada tahun 1993. Pada tahun 1995 Bank berubah nama menjadi PT Bank Mayapada Internasional. Dari tahun 1997 hingga saat ini kami menjadi bank publik dengan nama PT. Bank Mayapada Internasional Tbk.
Kegiatan usaha perusahaan yang utama adalah menghimpun dana masyarakat dan menyalurkan dana tersebut melalui pinjaman dalam bentuk fasilitas kredit. Sesuai dengan rencana bisnis bank, kegiatan perusahaan berfokus pada usaha retail dan consumerdan melayani dengan komitmen demi kepuasan para nasabah.
Sejak didirikan, kinerja Bank Mayapada senantiasa mengalami perbaikan, mulai dari menjadi Perusahaan Terbuka (Tbk) , melalui penawaran obligasi, serta penambahan kantor cabang. Hingga saat ini Bank Mayapada memiliki jaringan pelayanan perbankan yang terdiri dari 36 Kantor Cabang, 67 kantor Capem, 75 kantor Fungsional, 12 kantor Kas dan 109 jaringan ATM, serta bekerja sama dengan ATM BERSAMA, dan ATM PRIMA/BCA sehingga total ATM yang dapat digunakan oleh nasabah sebanyak 76.129 ATM serta kartu ATM Bank Mayapada dapat digunakan sebagai debit card di lebih 338.724 merchant jaringan PRIMA yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.
Bank Mayapada terus meningkatkan kompetensi, melakukan inovasi serta mengembangkan produk dan jasa perbankan bagi semua segmen bisnis. Inovasi dilakukan dengan mengikuti perkembangan teknologi informasi yang modern.Pada tanggal 08 Februari 2001, Bank Mayapada menerima sertifikat ISO 9002 yang merupakan sertifikasi Sistem Manajemen Mutu (Quality Management System) dalam bidang operasional perbankan. Sertfikasi tersebut berhasil dipertahankan hingga sekarang dan telah berubah nama menjadi ISO 9001:2008.
Bank Mayapada menyediakan layanan perbankan komersial ritel danconsumer yang lengkap. Dengan kehadiran Bank Mayapada di seluruh Indonesia yangdilengkapi dengan jaringan ATM 24-jam dan SMS Banking, Bank Mayapada terus berkembang untuk menjadi salah satu bank nasional terkemuka. Dengan menerapkan prinsip kehati¬hatian, Bank Mayapada terus melayani nasabahnya dengan semangat pelayanan yang terbaik. Bank Mayapada juga fokus dalam melayani debitur dengan skala menengah kebawah (Small Medium Enterprise/SME) yaitu melalui jaringan Mayapada Mitra Usaha (MMU) yang khusus dibuka untuk melayani kebutuhankredit para pengusaha SME.
Bank Mayapada juga terus berinovasi dengan mengembangkan produk-produk yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat antara lain produk tabungan berjangka yang diperlukan oleh keluarga untuk mencapai tujuan tertentu,yaitu My Family Saving dengan paket-paket pilihan yang variatif, berhadiah danmemberikan tambahan nilai berupa asuransi jiwa gratis. Untuk para deposan yangmenginginkan fleksibilitas dan bunga yang relatif lebih tinggi, sudah dikembangkan produk tabungan My Saving Super Benefit yang juga memberikan manfaat 'super' berupagratis asuransi Critical Illness, asuransi kecelakaan dan suku bunga menarik. Untuk para pengusaha, My Giro merupakan pilihan yang menarik dengan alternatif produk My GiroPremium yang memberikan suku bunga lebih tinggi dari My Giro. Untuk Anda yangmemerlukan pinjaman tanpa agunan untuk keperluan apa saja, Bank Mayapadamenyediakan pilihan My Dana Cepat. Juga tersedia My Dana Mapan dan pinjaman KTAKomersial untuk Anda yang memiliki kios di pasar atau tempat-tempat usaha lainnya.Semua tabungan dan giro perorangan dilengkapi dengan kartu ATM My Card yang dapatdiakses melalui ribuan ATM jaringan ATM Bank Mayapada, ATM Bersama dan ATMPrima serta puluhan ribu Electronic Data Capture (EDC) jaringan Prima yangmemungkinkan My Card berfungsi sebagai Debit card di puluhan ribu pedagang jaringanPrima. Jadi, Bank Mayapada selalu merancang produknya untuk kepentingan nasabah dengan memberikan nilai tambah maksimal dalam setiap aspeknya.
2.      Kompleksitas TSI Bank Mayapada
Ø  Platform Bank  
Saat ini Bank Mayapada menggunakan platform Mainframe sebagai sistem informasi teknologi. Bank Mayapada menggunakan platform mainframe untuk menyimpan seluruh data nasabahnya yang terdapat diseluruh kantor cabang diseluruh Indonesia.
Ø  Komunikasi Data 
Bank Mayapada saat ini menggunakan komunikasi data Leased line. Leased line memiliki kegunaan yang dapat mempermudah nasabah bank dalam melakakukan transaksi.
Ø  Keterhubungan Proses Pengolahan Data 
Proses pengolahan data Bank Mayapada adalah Terpusat, dikarnakan banyaknya kantor cabang yang dimiliki Bank Mayapada agar meminimalisir kesalahan yang terjadi, dikarnakan proses pengolahan data terpusat pengolahan data dapat dilakukan secara transparan, mudah dikembangkan, dan mudah digunakan oleh pemakainya.
Ø  Integrasi Sistem (SAP) 
Integrasi sistem yang digunakan oleh Bank Mayapada adalah Realtime, karna mempermudah Bank Mayapada dalam menjalankan tugasnya, dan juga menguntungkan nasabah, karna para nasabah dapat melakukan transaksi dengan cepat.




1.      Produk Bank Mayapada
1)      SIMPANAN
§  My Saving
§  My Dollar
2)      DEPOSITO & GIRO
§  My Depo
§  My Giro
3)      PINJAMAN
§  My Auto
§  My Home
§  My Loan

2.      Layanan Bank Mayapada
1)      E-BANKING
§  My ATM
My ATM Mayapada dapat diakses di lebih dari 76.129 mesin ATM jaringan Bank Mayapada, jaringan ATM bersama dan lebih dari 338.724 merchant jaringan Prima yang tersebar diseluruh Indoneisa.
Keistimewaan My ATM :
1. Tarik Tunai, Informasi Saldo dan Transfer
Penarikan Tunai, Informasi Saldo, Transfer Antar Rekening Bank Mayapada dan Transfer Antar Bank yang tergabung dalam jaringan ATM Bersama, Prima dan MEPS
2. Pembayaran
Internet, TV Berlangganan , Tiket Kereta Api, dan lain-lain *.
3. Pembayaran Tagihan Telepon/Handphone
Telkom, Flexi, Kartu Halo, Matrix, Starone dan Esia
4. Isi Ulang Pulsa Handphone
Simpati, Kartu As, Flexi, Mentari, IM3, Starone dan Esia
5. Penggantian PIN
Penggantian PIN Kartu ATM Bank Mayapada
Selain itu untuk Nasabah Bank Anggota Jaringan MEPS bisa menarik tunai melalui ATM Bank Mayapada yang berlogo MEPS. Jaringan MEPS adalah tambahan koneksi dengan luar negeri (Malaysia) *
§  My Card
MyCard (ATM) memberikan kenyamanan dan kelancaran Anda dalam bertransaksi.
Keunggulan MyCard :
1.      Bebas biaya untuk tarik tunai dan cek saldo.
2.      Bisa melakukan transfer * ke bank manapun
3.      Akses tanpa batas melalui ATM Mayapada, ATM bersama, ATM/EDC Prima dan SMS Banking
4.      Berbelanja di jaringan merchant Prima Debit

§  My Mobile
My Mobile memberikan Anda kebebasan dan kenyamanan bertransaksi dimana saja dan kapan saja melalui phone banking.
Keistimewaan My Mobile :

1.      Informasi saldo
2.      Informasi 5 transaksi terakhir
3.      Transfer dana ke sesama rekening Bank Mayapada
4.      Transfer dana ke rekening bank lain yang tergabung dalam jaringan PRIMA dan Bersama
5.      Pembayaran tagihan :
6.      Tagihan telepon
7.      Tagihan provider pasca bayar Flexy dan Halo
8.      TV berlangganan
9.      Telkomvision
10.  Indovision
11.  TopTV
12.  Okevision
13.  Tiket Kereta Api
14.  Internet (Telkom Speedy)
15.  Pembelian voucher pulsa Telkomsel (Simpati, AS & Flexi Trend )
16.  Pengaturan rekening tujuan
17.  Pengaturan akun pembayaran
18.  Info kurs
19.  Info suku bunga tabungan, giro dan deposito
20.  Ubah PIN applet

Langkah langkah yang dilakukan nasabah :
1.      Nasabah mengunduh aplikasi.
2.      Nasabah datang ke cabang terdekat untuk melakukan pendaftaran dengan mengisi form registrasi My Mobile dan Pembuatan PIN My Mobile.
3.      Nasabah menunggu maksimal 1 x 24 jam untuk pengaktifan layanan My Mobile sehingga dapat digunakan.
Persyaratan Pendaftaran My Mobile :      
 KTP Asli
Kartu atm yang aktif (hanya utk single account)  :
No HP yang akan didaftarkan (XL, Indosat dan Telkomsel) 

§  My Online
My Online adalah layanan Internet Banking Bank Mayapada yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun. My Online selain dapat diakses melalui PC saat ini juga bisa diakses melalui smart phone melalui fasilitas internet, yang bertujuan agar layanan Internet Banking bisa memfasilitasi nasabah untuk layanan perbankan yang mobile.
Fitur Layanan My Online :
o   Informasi rekening (Informasi saldo dan mutasi rekening).
o   Informasi lainnya (Informasi kurs dan suku bunga).
o   Transfer dana (daftar rekening tujuan, transfer ke sesama rekening Bank Mayapada dan transfer ke rekening bank lain dalam negeri melalui LLG dan RTGS, transfer ke rekening virtual account Bank Mayapada).
o   Pembayaran (tagihan kartu kredit, telepon, handphone, PAM, internet, TV kabel, tiket, lainnya).
o   Pembelian (pulsa isi ulang, tiket, lainnya).
Akses My Online di http://myonline.id/
2)      LAYANAN E-CHANNEL
§  E-Channel
Layanan E-Channel Bank Mayapada kini hadir dengan berbagai fitur pembayaran dan pembelian yang semakin lengkap untuk menunjang kebutuhan Anda seperti:
1.      Pembayaran operator telepon pascabayar
2.      Pembelian pulsa/token
3.      Top up
4.      Pembayaran tagihan/iuran
5.      Pembayaran tagihan TV kabel
6.      Pembayaran tagihan internet
7.      Pembayaran tiket transportasi
8.      Pembayaran cicilan
9.      Pembayaran kartu kredit
10.  Pembayaran asuransi
11.  Pembayaran lain – lain
12.  Pembayaran TelkomPay

§  MPN-G2
Bank Mayapada menyediakan layanan untuk  pembayaran Pajak MPN - G2 ( Modul Penerimaan Negara - Generasi ke-2 ). Nasabah dapat langsung datang ke kantor Bank Mayapada terdekat untuk mendapatkan kode billing atau melakukan pembayaran.
Untuk mendapatkan layanan ini langkah - langkahyang harus dilakukan oleh Nasabah adalah :
1.      Jika sudah Mempunyai Kode Billing
Mengunjungi kantor Bank Mayapada terdekat dan membayar langsung melalui Teller Bank Mayapada atau  melalui ATM Bank Mayapada
*) Pembayaran juga dapat dilakukan melalui layanan My Online  (live Desember 2017)
2.      Jika Belum Mempunyai Kode Billing
Mengunjungi kantor Bank Mayapada terdekat dan   membuat Kode Billing dengan dibantu oleh Customer  Service kami.
Setelah mendapatkan Kode Billing, Anda dapat langsung membayar melalui Teller atau ATM Bank Mayapada.
Pajak yang dapat dibayarkan melalui Modul PenerimaanNegara - Generasi ke 2 ini adalah seluruh tipe pajak, cukai,eksport, import dan penerimaan negara bukan pajak yang sudah mendapatkan ID Billing dari Ditjen Pajak, Ditjen Anggaran dan Ditjen Bea dan Cukai.
*) Tidak termasuk PBB Pedesaan dan Perkotaan
Dengan kemudahan ini, Anda dapat menyelesaikankewajibannya sebagai warga negara yang baik untuk melakukan pembayaran pajak secara tepat.
Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) atau National Payment Gateway adalah sebuah sistem transaksi pembayaran yang mengkoneksikan berbagaiBank, sehingga kartu ATM dan atau kartu Debit suatu Bank dapat digunakandi ATM/EDC Bank lain.
Keuntungan Pembayaran Nasional:
1.      Dengan adanya Gerbang Pembayaran Nasional (GPN), maka proses  transaksi pembayaran ritel domestik akan dapat dijalankan dengan interkoneksi (saling terhubung) dan interoperabilitas (saling dapat dioperasikan).
2.      Mewujudkan sistem pembayaran nasional yang lancar, aman, efisien dan andal, serta sesuai dengan perkembangan informasi, komunikasi, teknologi dan inovasi.
3.      Pemberlakukan GPN juga bisa menjadi landasan terbentuknya integrasi sistem pembayaran nasional sehingga mendorong penggunaan transaksinon tunai oleh masyarakat Indonesia.
4.      GPN juga menguntungkan karena bisa meningkatkan perlindungan konsumen dengan pengamanan data transaksi nasabah dalam setiap transaksi.
5.      GPN juga bisa meningkatkan keuangan inklusif dan pengembangan perdagangan nasional berbasis elektronik (e-commerce).


3)      ANTAR BANK
§  Kliring
4)      LLG & RTGS
5)      BIAYA & TARIF
§  Info Kurs
6)      LAYANAN LAINNYA
My Safe Box memberikan keamanan yang pasti dalam menyimpan barang dan surat berharga Anda.
Keistimewaan Safe Deposit Box Bank Mayapada :
a.       Ruang Safe Deposit Box dilindungi oleh pintu tercanggih di Indonesia
b.      Box yang telah dirancang khusus terbuat dari baja tahan api
c.       Dijaga dengnn sistem keamanan yang ketat dan terjaga kerahasiaannya.
d.      Pembayaran uang sewa dan jaminan kunci yang ringan
 Adapun spesifikasi dari Safe Deposit Box :
Tipe Safe Box
Ukuran
Harga Sewa
Small
7 x 25 x 60
Rp. 300.000,-
Medium
12 x 25 x 60
Rp. 400.000,-
Large
25 x 25 x 60
Rp. 700.000,-
Extra Large
37 x 25 x 60
Rp. 800.000,-

MyPayroll memberikan solusi untuk perusahaan dalam sistem pembayaran gaji karyawan.
Keuntungan Bagi Perusahaan :
1.      Mengurangi beban kerja dari perusahaan yang bersangkutan
2.      Pembayaran gaji akan dilakukan dalam bentuk Tabungan MySaving
3.      Bunga yang dihitung secara harian
4.      Aman dan sewaktu-waktu dapat mengambil atau menambah tabungannya  diseluruh Cabang Bank Mayapada
5.      Karyawan Perusahaan mendapatkan Kartu ATM yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi via ATM
6.      Segera daftarkan perusahaan anda untuk mendapatkan fasilitas MyPayroll Bank Mayapada dan nikmati kemudahannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar