BANK MAYAPADA
1.
Sejarah
Bank Mayapada
Pada tanggal 07 September 1989 di
Jakarta, dibentuklah PT Bank Mayapada International melalui Akta Pendirian Bank
yang disahkan pada tanggal 10 Januari 1990 oleh Menteri Kehakiman Republik
Indonesia. Bank mulai beroperasi secara komersial pada tanggal 16 Maret 1990
dan sejak 23 Maret 1990 menjadi bank umum. Izin dari Bank Indonesia sebagai
bank devisa diperoleh pada tahun 1993.
Pada tahun 1995 Bank berubah nama menjadi PT Bank Mayapada Internasional. Dari
tahun 1997 hingga saat ini kami menjadi bank publik dengan nama PT. Bank
Mayapada Internasional Tbk.
Kegiatan usaha perusahaan yang
utama adalah menghimpun dana masyarakat dan menyalurkan dana tersebut melalui
pinjaman dalam bentuk fasilitas kredit. Sesuai dengan rencana bisnis bank,
kegiatan perusahaan berfokus pada usaha retail dan consumerdan melayani dengan
komitmen demi kepuasan para nasabah.
Sejak didirikan, kinerja Bank
Mayapada senantiasa mengalami perbaikan, mulai dari menjadi Perusahaan Terbuka
(Tbk) , melalui penawaran obligasi, serta penambahan kantor cabang. Hingga saat
ini Bank Mayapada memiliki jaringan pelayanan perbankan yang terdiri dari 36
Kantor Cabang, 67 kantor Capem, 75 kantor Fungsional, 12 kantor Kas dan 109
jaringan ATM, serta bekerja sama dengan ATM BERSAMA, dan ATM PRIMA/BCA sehingga
total ATM yang dapat digunakan oleh nasabah sebanyak 76.129 ATM serta kartu ATM
Bank Mayapada dapat digunakan sebagai debit card di lebih 338.724 merchant
jaringan PRIMA yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.
Bank Mayapada terus meningkatkan
kompetensi, melakukan inovasi serta mengembangkan produk dan jasa perbankan
bagi semua segmen bisnis. Inovasi dilakukan dengan mengikuti perkembangan
teknologi informasi yang modern.Pada tanggal 08 Februari 2001, Bank Mayapada
menerima sertifikat ISO 9002 yang merupakan sertifikasi Sistem Manajemen Mutu
(Quality Management System) dalam bidang operasional perbankan. Sertfikasi
tersebut berhasil dipertahankan hingga sekarang dan telah berubah nama menjadi
ISO 9001:2008.
Bank Mayapada menyediakan layanan
perbankan komersial ritel danconsumer yang lengkap. Dengan kehadiran Bank
Mayapada di seluruh Indonesia yangdilengkapi dengan jaringan ATM 24-jam dan SMS
Banking, Bank Mayapada terus berkembang untuk menjadi salah satu bank nasional
terkemuka. Dengan menerapkan prinsip kehati¬hatian, Bank Mayapada terus
melayani nasabahnya dengan semangat pelayanan yang terbaik. Bank Mayapada juga
fokus dalam melayani debitur dengan skala menengah kebawah (Small Medium
Enterprise/SME) yaitu melalui jaringan Mayapada Mitra Usaha (MMU) yang khusus dibuka
untuk melayani kebutuhankredit para pengusaha SME.
Bank Mayapada juga terus
berinovasi dengan mengembangkan produk-produk yang sesuai dengan kebutuhan
masyarakat antara lain produk tabungan berjangka yang diperlukan oleh keluarga
untuk mencapai tujuan tertentu,yaitu My Family Saving dengan paket-paket
pilihan yang variatif, berhadiah danmemberikan tambahan nilai berupa asuransi
jiwa gratis. Untuk para deposan yangmenginginkan fleksibilitas dan bunga yang
relatif lebih tinggi, sudah dikembangkan produk tabungan My Saving Super
Benefit yang juga memberikan manfaat 'super' berupagratis asuransi Critical
Illness, asuransi kecelakaan dan suku bunga menarik. Untuk para pengusaha, My
Giro merupakan pilihan yang menarik dengan alternatif produk My GiroPremium
yang memberikan suku bunga lebih tinggi dari My Giro. Untuk Anda yangmemerlukan
pinjaman tanpa agunan untuk keperluan apa saja, Bank Mayapadamenyediakan
pilihan My Dana Cepat. Juga tersedia My Dana Mapan dan pinjaman KTAKomersial
untuk Anda yang memiliki kios di pasar atau tempat-tempat usaha lainnya.Semua
tabungan dan giro perorangan dilengkapi dengan kartu ATM My Card yang
dapatdiakses melalui ribuan ATM jaringan ATM Bank Mayapada, ATM Bersama dan
ATMPrima serta puluhan ribu Electronic Data Capture (EDC) jaringan Prima
yangmemungkinkan My Card berfungsi sebagai Debit card di puluhan ribu pedagang
jaringanPrima. Jadi, Bank Mayapada selalu merancang produknya untuk kepentingan
nasabah dengan memberikan nilai tambah maksimal dalam setiap aspeknya.
2. Kompleksitas TSI Bank Mayapada
Ø Platform
Bank
Saat ini Bank Mayapada menggunakan platform Mainframe sebagai sistem informasi
teknologi. Bank Mayapada menggunakan platform mainframe untuk menyimpan seluruh
data nasabahnya yang terdapat diseluruh kantor cabang diseluruh Indonesia.
Ø Komunikasi
Data
Bank Mayapada saat ini menggunakan komunikasi data Leased line. Leased
line memiliki kegunaan yang dapat mempermudah nasabah bank dalam melakakukan
transaksi.
Ø Keterhubungan
Proses Pengolahan Data
Proses pengolahan data Bank Mayapada adalah Terpusat, dikarnakan
banyaknya kantor cabang yang dimiliki Bank Mayapada agar meminimalisir kesalahan
yang terjadi, dikarnakan proses pengolahan data terpusat pengolahan data dapat
dilakukan secara transparan, mudah dikembangkan, dan mudah digunakan oleh
pemakainya.
Ø Integrasi
Sistem (SAP)
Integrasi
sistem yang digunakan oleh Bank Mayapada adalah Realtime, karna mempermudah
Bank Mayapada dalam menjalankan tugasnya, dan juga menguntungkan nasabah, karna
para nasabah dapat melakukan transaksi dengan cepat.
1. Produk Bank
Mayapada
2. Layanan Bank
Mayapada
My ATM Mayapada dapat diakses di lebih dari
76.129 mesin ATM jaringan Bank Mayapada, jaringan ATM bersama dan lebih dari
338.724 merchant jaringan Prima yang tersebar diseluruh Indoneisa.
Keistimewaan My ATM :
1. Tarik Tunai, Informasi Saldo dan Transfer
Penarikan Tunai, Informasi Saldo, Transfer Antar Rekening Bank Mayapada dan Transfer Antar Bank yang tergabung dalam jaringan ATM Bersama, Prima dan MEPS
Penarikan Tunai, Informasi Saldo, Transfer Antar Rekening Bank Mayapada dan Transfer Antar Bank yang tergabung dalam jaringan ATM Bersama, Prima dan MEPS
2. Pembayaran
Internet, TV Berlangganan , Tiket Kereta Api, dan lain-lain *.
Internet, TV Berlangganan , Tiket Kereta Api, dan lain-lain *.
3. Pembayaran Tagihan Telepon/Handphone
Telkom, Flexi, Kartu Halo, Matrix, Starone dan Esia
Telkom, Flexi, Kartu Halo, Matrix, Starone dan Esia
4. Isi Ulang Pulsa Handphone
Simpati, Kartu As, Flexi, Mentari, IM3, Starone dan Esia
Simpati, Kartu As, Flexi, Mentari, IM3, Starone dan Esia
5. Penggantian PIN
Penggantian PIN Kartu ATM Bank Mayapada
Penggantian PIN Kartu ATM Bank Mayapada
Selain itu untuk Nasabah Bank Anggota Jaringan MEPS
bisa menarik tunai melalui ATM Bank Mayapada yang berlogo MEPS. Jaringan MEPS
adalah tambahan koneksi dengan luar negeri (Malaysia) *
MyCard (ATM) memberikan kenyamanan dan
kelancaran Anda dalam bertransaksi.
Keunggulan MyCard :
1.
Bebas
biaya untuk tarik tunai dan cek saldo.
2.
Bisa
melakukan transfer * ke bank manapun
3.
Akses
tanpa batas melalui ATM Mayapada, ATM bersama, ATM/EDC Prima dan SMS Banking
4.
Berbelanja
di jaringan merchant Prima Debit
My Mobile memberikan Anda kebebasan dan kenyamanan
bertransaksi dimana saja dan kapan saja melalui phone banking.
Keistimewaan My Mobile :
1. Informasi
saldo
2. Informasi
5 transaksi terakhir
3. Transfer
dana ke sesama rekening Bank Mayapada
4. Transfer
dana ke rekening bank lain yang tergabung dalam jaringan PRIMA dan Bersama
5. Pembayaran
tagihan :
6. Tagihan
telepon
7. Tagihan
provider pasca bayar Flexy dan Halo
8. TV
berlangganan
9. Telkomvision
10. Indovision
11. TopTV
12. Okevision
13. Tiket
Kereta Api
14. Internet
(Telkom Speedy)
15. Pembelian
voucher pulsa Telkomsel (Simpati, AS & Flexi Trend )
16. Pengaturan
rekening tujuan
17. Pengaturan
akun pembayaran
18. Info kurs
19. Info suku
bunga tabungan, giro dan deposito
20. Ubah PIN
applet
Langkah langkah yang dilakukan nasabah :
1. Nasabah
mengunduh aplikasi.
2. Nasabah
datang ke cabang terdekat untuk melakukan pendaftaran dengan mengisi form
registrasi My Mobile dan Pembuatan PIN My Mobile.
3. Nasabah
menunggu maksimal 1 x 24 jam untuk pengaktifan layanan My Mobile sehingga dapat
digunakan.
Persyaratan Pendaftaran My Mobile :
KTP Asli
|
√
|
Kartu atm yang aktif (hanya utk single account) :
|
√
|
No HP yang akan didaftarkan (XL, Indosat dan
Telkomsel)
|
√
|
My Online adalah layanan Internet Banking Bank
Mayapada yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun. My Online selain dapat
diakses melalui PC saat ini juga bisa diakses melalui smart phone melalui
fasilitas internet, yang bertujuan agar layanan Internet Banking bisa
memfasilitasi nasabah untuk layanan perbankan yang mobile.
Fitur Layanan My Online :
o
Informasi rekening (Informasi saldo dan mutasi
rekening).
o
Informasi lainnya (Informasi kurs dan suku bunga).
o
Transfer dana (daftar rekening tujuan, transfer ke
sesama rekening Bank Mayapada dan transfer ke rekening bank lain dalam negeri
melalui LLG dan RTGS, transfer ke rekening virtual account Bank Mayapada).
o
Pembayaran (tagihan kartu kredit, telepon, handphone,
PAM, internet, TV kabel, tiket, lainnya).
o
Pembelian (pulsa isi ulang, tiket, lainnya).
Layanan E-Channel Bank Mayapada kini hadir dengan
berbagai fitur pembayaran dan pembelian yang semakin lengkap untuk menunjang
kebutuhan Anda seperti:
1. Pembayaran
operator telepon pascabayar
2. Pembelian
pulsa/token
3. Top up
4. Pembayaran
tagihan/iuran
5. Pembayaran
tagihan TV kabel
6. Pembayaran
tagihan internet
7. Pembayaran
tiket transportasi
8. Pembayaran
cicilan
9. Pembayaran
kartu kredit
10. Pembayaran
asuransi
11. Pembayaran
lain – lain
12. Pembayaran
TelkomPay
Bank Mayapada menyediakan layanan untuk pembayaran Pajak MPN - G2 ( Modul Penerimaan
Negara - Generasi ke-2 ). Nasabah dapat langsung datang ke kantor Bank Mayapada
terdekat untuk mendapatkan kode billing atau melakukan pembayaran.
Untuk mendapatkan layanan ini langkah - langkahyang
harus dilakukan oleh Nasabah adalah :
1. Jika
sudah Mempunyai Kode Billing
Mengunjungi kantor Bank Mayapada terdekat dan membayar
langsung melalui Teller Bank Mayapada atau
melalui ATM Bank Mayapada
*) Pembayaran juga dapat dilakukan melalui layanan My
Online (live Desember 2017)
2. Jika
Belum Mempunyai Kode Billing
Mengunjungi kantor Bank Mayapada terdekat dan membuat Kode Billing dengan dibantu oleh
Customer Service kami.
Setelah mendapatkan Kode Billing, Anda dapat langsung
membayar melalui Teller atau ATM Bank Mayapada.
Pajak yang dapat dibayarkan melalui Modul
PenerimaanNegara - Generasi ke 2 ini adalah seluruh tipe pajak, cukai,eksport,
import dan penerimaan negara bukan pajak yang sudah mendapatkan ID Billing dari
Ditjen Pajak, Ditjen Anggaran dan Ditjen Bea dan Cukai.
*) Tidak termasuk PBB Pedesaan dan Perkotaan
Dengan kemudahan ini, Anda dapat
menyelesaikankewajibannya sebagai warga negara yang baik untuk melakukan
pembayaran pajak secara tepat.
Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) atau National
Payment Gateway adalah sebuah sistem transaksi pembayaran yang mengkoneksikan
berbagaiBank, sehingga kartu ATM dan atau kartu Debit suatu Bank dapat
digunakandi ATM/EDC Bank lain.
Keuntungan Pembayaran Nasional:
1. Dengan
adanya Gerbang Pembayaran Nasional (GPN), maka proses transaksi pembayaran ritel domestik akan
dapat dijalankan dengan interkoneksi (saling terhubung) dan interoperabilitas
(saling dapat dioperasikan).
2. Mewujudkan
sistem pembayaran nasional yang lancar, aman, efisien dan andal, serta sesuai
dengan perkembangan informasi, komunikasi, teknologi dan inovasi.
3. Pemberlakukan
GPN juga bisa menjadi landasan terbentuknya integrasi sistem pembayaran
nasional sehingga mendorong penggunaan transaksinon tunai oleh masyarakat
Indonesia.
4. GPN juga
menguntungkan karena bisa meningkatkan perlindungan konsumen dengan pengamanan
data transaksi nasabah dalam setiap transaksi.
5. GPN juga
bisa meningkatkan keuangan inklusif dan pengembangan perdagangan nasional
berbasis elektronik (e-commerce).
My Safe Box memberikan keamanan yang pasti dalam
menyimpan barang dan surat berharga Anda.
Keistimewaan Safe Deposit Box Bank Mayapada :
a. Ruang
Safe Deposit Box dilindungi oleh pintu tercanggih di Indonesia
b. Box yang
telah dirancang khusus terbuat dari baja tahan api
c. Dijaga
dengnn sistem keamanan yang ketat dan terjaga kerahasiaannya.
d. Pembayaran
uang sewa dan jaminan kunci yang ringan
Adapun
spesifikasi dari Safe Deposit Box :
Tipe
Safe Box
|
Ukuran
|
Harga
Sewa
|
Small
|
7 x 25 x 60
|
Rp. 300.000,-
|
Medium
|
12 x 25 x 60
|
Rp. 400.000,-
|
Large
|
25 x 25 x 60
|
Rp. 700.000,-
|
Extra Large
|
37 x 25 x 60
|
Rp. 800.000,-
|
MyPayroll memberikan solusi untuk perusahaan dalam
sistem pembayaran gaji karyawan.
Keuntungan Bagi Perusahaan :
1. Mengurangi
beban kerja dari perusahaan yang bersangkutan
2. Pembayaran
gaji akan dilakukan dalam bentuk Tabungan MySaving
3. Bunga
yang dihitung secara harian
4. Aman dan
sewaktu-waktu dapat mengambil atau menambah tabungannya diseluruh Cabang Bank Mayapada
5. Karyawan
Perusahaan mendapatkan Kartu ATM yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi
via ATM
6.
Segera daftarkan perusahaan anda untuk mendapatkan
fasilitas MyPayroll Bank Mayapada dan nikmati kemudahannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar